Open source definition and 5 examples rooma.id?

Open source definition and 5 examples rooma.id?


Question: Open source definition and 5 examples rooma.id?

Open source adalah kode sumber yang dibuat tersedia secara bebas untuk kemungkinan modifikasi dan redistribusi. Produk-produk open source mencakup izin untuk menggunakan kode sumber, dokumen desain, atau konten produk. Open source tidak hanya berarti akses ke kode sumber, tetapi juga harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, seperti:


- Redistribusi bebas: Lisensi tidak boleh membatasi pihak mana pun dari menjual atau memberikan perangkat lunak sebagai bagian dari distribusi perangkat lunak agregat yang berisi program dari beberapa sumber berbeda. Lisensi tidak boleh mengharuskan royalti atau biaya lain untuk penjualan tersebut.

- Kode sumber: Program harus menyertakan kode sumber, dan harus mengizinkan distribusi dalam bentuk kode sumber maupun bentuk terkompilasi. Jika ada bentuk produk yang tidak didistribusikan dengan kode sumber, harus ada cara yang dipublikasikan dengan baik untuk mendapatkan kode sumber dengan biaya reproduksi yang wajar, lebih disukai mengunduh melalui Internet tanpa biaya. Kode sumber harus menjadi bentuk yang disukai oleh programmer untuk memodifikasi program. Kode sumber yang disengaja diacak tidak diperbolehkan. Bentuk-bentuk perantara seperti output dari preprocessor atau penerjemah tidak diperbolehkan.

- Karya turunan: Lisensi harus mengizinkan modifikasi dan karya turunan, dan harus mengizinkan mereka didistribusikan dengan syarat yang sama dengan lisensi perangkat lunak asli.

- Integritas kode sumber penulis: Lisensi dapat membatasi kode sumber dari didistribusikan dalam bentuk yang dimodifikasi hanya jika lisensi mengizinkan distribusi "berkas tambalan" dengan kode sumber untuk tujuan memodifikasi program pada saat pembuatan. Lisensi harus secara eksplisit mengizinkan distribusi perangkat lunak yang dibangun dari kode sumber yang dimodifikasi. Lisensi dapat mengharuskan karya turunan untuk memiliki nama atau nomor versi yang berbeda dari perangkat lunak asli.

- Tidak ada diskriminasi terhadap orang atau kelompok: Lisensi tidak boleh mendiskriminasi orang atau kelompok mana pun.

- Tidak ada diskriminasi terhadap bidang usaha: Lisensi tidak boleh membatasi siapa pun dari menggunakan program dalam bidang usaha tertentu. Misalnya, lisensi tidak boleh melarang program digunakan dalam bisnis, atau digunakan untuk penelitian genetik.

- Distribusi lisensi: Hak-hak yang melekat pada program harus berlaku untuk semua orang yang program tersebut didistribusikan ulang tanpa perlu pelaksanaan lisensi tambahan oleh pihak-pihak tersebut.

- Lisensi tidak boleh spesifik untuk produk: Hak-hak yang melekat pada program tidak boleh bergantung pada program tersebut menjadi bagian dari distribusi perangkat lunak tertentu. Jika program diekstraksi dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan dalam syarat-syarat lisensi program, semua pihak yang program tersebut didistribusikan ulang harus memiliki hak-hak yang sama seperti yang diberikan bersama dengan distribusi perangkat lunak asli.

- Lisensi tidak boleh membatasi perangkat lunak lain: Lisensi tidak boleh memberlakukan batasan pada perangkat lunak lain yang didistribusikan bersama dengan perangkat lunak berlisensi. Misalnya, lisensi tidak boleh menuntut bahwa semua program lain yang didistribusikan pada media yang sama harus menjadi perangkat lunak open source.


Beberapa contoh proyek open source populer adalah:


- Linux: Sistem operasi open source yang banyak digunakan di server, desktop, dan perangkat seluler.

- Ansible: Platform otomatisasi open source untuk manajemen konfigurasi, orkestrasi, dan penyebaran aplikasi.

- Kubernetes: Sistem orkestrasi kontainer open source untuk menjalankan aplikasi terdistribusi secara otomatis, skalabel, dan portabel.

- Apache: Server web open source yang mendukung berbagai protokol dan bahasa pemrograman web.

- WordPress: Sistem manajemen konten open source yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola situs web, blog, dan aplikasi web.


Sumber:

Rjwala Rjwala is your freely Ai Social Learning Platform. here our team solve your academic problems daily.

0 Komentar

Post a Comment

let's start discussion

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Latest Post